Cara install software di Ubuntu Server

Hai akhirnya posting lagi. Kali ini akan kita pelajari cara install software di Ubuntu Server. Karena Ubuntu Server tidak dilengkapi dengan antarmuka grafis, maka mau tidak mau kita harus membiasakan diri untuk selalu berhadapan dengan Terminal atau command line interface. Tetapi justru itulah nikmatnya Ubuntu Server jika kita bisa menguasai perintah-perintah dasar instalasi software di Ubuntu Server. Saya bukan ahli Linux ataupun sysadmin yang sudah malang melintang di dunia Linux. Saya hanya ingin menuliskan sesuatu yang saya ketahui agar saya selalu ingat dan apabila berguna bagi rekan semua maka saya sangat senang.

 

 

Pada dasarnya ada 2 cara untuk menginstall software di Ubuntu Server.

1. Install software menggunakan aptitude

Aptitude merupakan sebuah Advanced Packaging Tool (APT) yang membantu kita untuk menginstall paket dan aplikasi di Ubuntu Server. Aptitude akan menampilkan daftar paket perangkat lunak dan memungkinkan pengguna untuk memilih paket interaktif untuk menginstal atau menghapus (sumber: wikipedia). Dengan aptitide kita dapat mencari nama paket, install dan remove paket dengan mudah.

 

aptitude-1

Cara penggunaan aptitude:

sudo aptitude

Perintah diatas akan menampilkan aptitude front end seperti gambar diatas. Kemudian anda bisa mencari dan menginstall software yang anda butuhkan dari daftar repository Ubuntu. Saya pribadi sangat jarang menggunakan aptitude ini. Saya lebih senang menggunakan perintah apt-get untuk operasi installasi software di Ubuntu. Perintah apt-get ini adalah murni CLI.

sudo apt-get install namapaket   ‘perintah untuk menginstall paket/software

sudo apt-get remove namapaket   ‘perintah untuk menghapus paket/software

sudo apt-cache search namapaket  ‘perintah untuk mencari nama paket tertentu

2. Install software di Ubuntu dengan dpkg

dpkg merupakan kependekan dari Debian Package Management System. dpkg ini digunakan untuk menginstall paket yang ber-ekstensi .deb, yang biasa kita download dari sumber tertentu dari internet yang tidak terdapat di Ubuntu repository. Penggunaannya adalah sebagai berikut:

sudo dpkg –i namapaket.deb

Terima kasih. Semoga bermanfaat.