Pear OS 8, Linux dengan rasa MacOS X

Desain baru di Pear OS 8 (sekarang masih versi Beta) ini semakin kental dengan rasa MacOS X. Dulu kita harus bersusah payah untuk mendapatkan tampilan MacOS di Linux beragam paket seperti Mac4Lin kita install manual. Nah, bagi kawan-kawan yang suka dengan tampilan MacOS X, mungkin Pear OS 8 ini cocok buat anda. Saya juga berharap bahwa Pear OS ini akan merubah perspektif orang terhadap Linux. Linux tidak lagi susah, Linux tidak lagi old fashioned.

Desain Pear OS 8 ini berubah cukup radikal dibanding dengan versi sebelumnya Pear OS 7. Tampilan Pear OS 8 terasa lebih lembut, icon-icon juga didesain lebih halus serta lebih nyaman digunakan.

notification-area

 

Salah satu detail yang saya suka adalah bagian notification area. Desain baru di Pear OS 8 ini terasa lebih professional dan tidak terkesan asal-asalan seperti distro Linux yang lain (maaf buat penggemar distro lain...hehe).

file-manager

File Manager bergaya Finder nya MacOS X lengkap dengan button menu yang khas. Tombol search yang "nyempil" di bagian kanan atas juga menambah cantik.

mypear

My Pear adalah aplikasi khas Pear OS yang berguna untuk mengatur beberapa setting seperti theme, dock, desktop, hot corner dan lain-lain. My Pear 6 sudah mulai diperkenalkan di Pear OS 8 Beta ini.

Sebenarnya masih banyak banget yang "pantas" untuk ditulis mengenai desain baru Pear OS 8 ini. Mungkin lain kali akan saya lanjut. Terima kasih.