Cara install CrossOver di Fedora 18

Tutorial Cara install CrossOver di Fedora 18

CrossOver merupakan sebuah aplikasi yang dapat kita gunakan untuk menginstall aplikasi Windows di Linux, misalnya Fedora. CrossOver ini dibuat dengan basis Wine. Tetapi bagi saya, CrossOver lebih baik dari native Wine kalau dilihat dari segi tampilan grafis nya yang terkesan lebih professional. Maklum, CrossOver ini adalah aplikasi komersial yang tidak gratis. Kita bisa download free trial CrossOver ini. 

Langkah install CrossOver di Fedora 18

1. Download file instalasi CrossOver. Silahkan kunjungi website CrossOver dan download dari sana. Dalam tutorial ini saya menggunakan versi installer .bin yang secara teori dapat diinstall di Linux apapun.

2. Kemudian buka Terminal dan jalankan beberapa perintah berikut ini. Jalankan perintah sebagai root.
chmod +x install-crossover-11.2.1.bin
./install-crossover-11.2.1.bin
Kemudian instalasi grafis akan muncul dan ikuti petunjuk yang muncul di layar anda. Pada tahap ini CrossOver sudah terinstall dan bisa digunakan. Kalau anda menginstall CrossOver ini di Fedora 18 64 bit, anda perlu menginstall beberapa paket berikut ini. Tujuannya agar dapat menginstall dan menjalankan program 32bit di Fedora 18 64 bit anda.
yum install libgcc_s.so.1 libICE.so.6 libSM.so.6 libX11.so.6 libXext.so.6 libXi.so.6 libfreetype.so.6 libasound.so.2 libXrandr.so.2
OK, selamat mencoba. Tutorial ini sudah saya test di Fedora 18 Beta dan semua berjalan lancar :)