Install Netdata Linux monitoring tool di Ubuntu 16.04 Server

Jika anda mencari tool atau aplikasi monitoring untuk Ubuntu Server anda, Netdata sangat cocok buat anda. Dengan Netdata, anda akan dapat memantau server anda secara real time. Dengan tampilan grafis yang sangat menarik dan mudah dipahami, menjadikan Netdata semakin populer di kalangan server administrator. Kali ini saya akan share cara install Netdata di Ubuntu 16.04 Server. Netdata dapat diakses dari browser favorit anda seperti Google Chrome, Firefox dan lain-lain.
Netdata sendiri dapat digunakan untuk memantau kinerja hardware server anda meliputi:
  • CPU Core usage, frequency
  • Total penggunaan RAM, Kernel dan SWAP
  • Disk I/O termasuk bandwidth, utilization dll.
  • Network interface, input, error, dan masih banyak lagi.
Berikut ini adalah tampilan Netdata di browser Google Chrome.
Untuk menginstall Netdata di Ubuntu Server 16.04, ikuti langkah berikut ini. Pertama adalah menginstall paket yang diperlukan oleh Netdata. Silahkan jalankan perintah berikut ini untuk menginstall paket yang diperlukan.
sudo apt-get install zlib1g-dev gcc make git autoconf autogen automake pkg-config
Pengalaman saya, Ubuntu Server 16.04 masih memerlukan satu buah paket lagi yaitu uuid-dev. Kalau paket uuid-dev tersebut tidak ada di Ubuntu Server 16.04, maka proses instalasi Netdata di Ubuntu Server 16.04 akan mengalami error. Jadi install juga paket uuid-dev tersebut terlebih dahulu:
sudo apt-get install uuid-dev
Selanjutnya download paket netdata
git clone https://github.com/firehol/netdata.git --depth=1
Setelah download selesai, anda akan memiliki sebuah folder baru yaitu netdata. cd ke netdata tersebut dan proses instalasi netdata bisa dimulai.
cd netdata
sudo ./netdata-installer.sh --libs-are-really-here
Ikuti petunjuk yang ada di monitor anda. Setelah selesai anda bisa membuka halaman Netdata anda dari browser favorit anda. Karena Netdata diinstall di server, maka kita perlu komputer lain untuk membuka Netdata. Ketikkan alamat IP server anda dengan format sebagai berikut:
http://ip-address-server-anda:19999
Dan viola...Netdata sudah bisa diakses.